Beranda Adventorial Fitri Askolani Wanita Inspiratif Sumsel Tahun 2020.

Fitri Askolani Wanita Inspiratif Sumsel Tahun 2020.

217
0

Fitri Askolani Wanita Inspiratif Sumsel Tahun 2020.

Palembang, Rajawalinewstv.com Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin dr Fitri Askolani terpilih Terbaik II Wanita Inspiratif Tahun 2020 kategori PKK, dalam penganugerahan Pemilihan Wanita Inspiratif Tahun 2020 kerjasama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan melalui TP PKK Provinsi Sumsel dengan Harian Sumatera Ekspres diselenggarakan di Griya Agung, Selasa (22/12/2020).

Wanita Inspiratif Tahun 2020 adalah salah satu upaya memacu peran TP PKK Kabupaten/Kota untuk terus meningkatkan kerja, kreativitas agar terus menginspirasi banyak wanita yang ada di Indonesia khususnya di Sumatera Selatan.

Penghargaan ini diberikan, karena Fitri Askolani dinilai berhasil melakukan pembinaan terhadap Forum Sedekah Beras (FSB) yang terus memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu di wilayah Kabupaten Banyuasin. Kemudian inovasi seperti Diva (Duta Iva). Seperti diketahui, terbentuknya DIVA dikarenakan di tahun 2018 Kecamatan Betung belum mencapai target pemeriksaan PUS 100 persen.

” Penghargaan ini, saya dedikasikan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Banyuasin, khususnya para pengurus PKK dari tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga PKK Desa termasuk Dasawisma dan Forum Sedekah Beras. Penghargaan ini kita capai atas kerja yang penuh kreatifitas dan inovatif yang terus menerus kita lakukan sehingga manfaatnya dirasakan masyarakat, ” kata dokter lulusan Unsri ini.

Penghargaan ini terang Fitri, sebagai motivasi dan penambah semangat untuk terus berbuat yang terbaik untuk masyarakat Banyuasin. Dan tentu PKK akan terus bekerja dalam membantu Bupati dan Wakil Bupati untuk mewujudkan Banyuasin Bangkit Adil Sejahtera.

” Saya mengajak semua wanita di Kabupaten Banyuasin mari kita terus berkreasi dan berinovasi untuk ikut serta membangun bumi sedulang setudung Kabupaten Banyuasin ini. Mari kita sukseskan gerakan yang telah di launching Pak Bupati dan Wakil Bupati seperti gerakan tanam sayur, buah, ternak unggas dan pemeliharaan ikan. Karena gerakan ini juga bisa dilakukan oleh ibu-ibu, ” katanya penuh semangat.

“Forum Sedekah Beras (FSB) ini dalam proses atau pelaksanaanya, tanpa menggunakan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) sama sekali. Tapi dari donasi donatur yang ingin berbagi dengan masyarakat yang kurang mampu dan lain sebagainya,” jelasnya.

Forum sedekah beras ini diperuntukan kepada kaum duafa, yatim piatu, fakir miskin dan pesakitan. Lebih lanjut, dr Sri Fitriyanti Askolani menerangkan kalau Forum Sedekah Beras (FSB) juga membuka donasi khusus untuk yang darurat, misal sakit, rumah roboh, pembangunan wc dan lain-lain sebagainya.

Diakuinya kalau keberadaan Forum Sedekah Beras (FSB) ini sendiri sangat membantu masyarakat miskin dan tentu menjadi tempat bagi mereka yang ingin berbuat dan berbagi dengan sesama.

“Bukan perkara apa yang diberi dan berapa nominal uang yang kita sedekahkan. Tapi keikhlasan memberi antar sesama serta saling tolong menolong dalam kebaikan dan membantu meringankan beban orang lain yang memerlukan,”ujarnya.

Selain itu, dr. Fitri terus melakukan inovasi seperti Diva (Duta Iva). Seperti diketahui, terbentuknya DIVA dikarenakan di tahun 2018 Kecamatan Betung belum mencapai target pemeriksaan PUS 100 persen.

Sehingga pemeriksaan yang dilakukan Tim IVA Puskesmas Betung Kota di 7 desa di wilayah kecamatan betung baru mencapai 50 persen. Maka dari itu, dr. Fitri bersama dengan Kepala Puskesmas Betung Kota, bersama seluruh kader Posbindu di Kecamatan Betung melakukan pertemuan kader Posbindu IVA di 7 desa dengan melakukan musyawarah untuk melakukan perbaikan program.

Sejak terbentuknya Diva itu, sejak tahun 2019 lalu mendapatkan juara 1 di Desa Sri Kembang, Betung dalam pemeriksaan Iva.Tugas Diva sendiri yaitu melakukan Kurma Diva (Kunjungan Rumah Duta Iva), Motor Jupiter (Motor Jemput peserta Iva yang takut diperiksa).

Atas inspirasi yang telah dilakukan dan dengan penuh semangat membangun, dr. Fitri mendapatkan penghargaan Wanita Inspiratif ini. “Kedepan, Saya akan terus berupaya lebih baik lagi dalam memajukan PKK di Kabupaten Banyuasin. Ini adalah awal atau permulaan untuk menjadikan PKK lebih jauh mempunyai peran yang signifikan di masyarakat,” tutupnya.

(Supriyandi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here