Beranda Berita Terkini Kapolres Kapuas Hulu Pimpin Rakor Linsek Penanganan PETI

Kapolres Kapuas Hulu Pimpin Rakor Linsek Penanganan PETI

173
0

Kapuas Hulu | Rajawalinewstv.com– Kapolres Kapuas Hulu AKBP Wedy Mahadi, S.I.K, M.A.P, memimpin rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka Penanganan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di aula sementara Polres Kapuas Hulu, Rabu (28/4/2021).

Rapat tersebut adalah menindaklanjuti hasil rapat yang telah dilaksanakan di tingkat Provinsi dan hasil rapat sebelumnya yang berlangsung di Aula Bank Kalbar cabang Putussibau.

Tampak hadir dalam rapat koordinasi tersebut antara lain Dandim 1206 Putussibau Letkol Inf. Jemi Oktis Oil, S.IP, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Hulu Hairuddin, S.Pd, Sekda Kabupaten Kapuas Hulu Drs. H. Mohd. Zaini, M.M, Perwakilan Kejaksaan Negeri Putussibau Simon Ginting, S.H, Perwakilan Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu Budi Prasetyo, Perwakilan Dinas lingkungan hidup Kabupaten Kapuas Hulu Aliansyah, Waka Polres Kapuas Hulu, KOMPOL Oon Sudarman, S.E beserta Kabag, Kasat dan Perwira Polres Kapuas Hulu dan Kasat Pol-PP Kabupaten Kapuas Hulu Rupinus.

Kapolres Kapuas Hulu AKBP Wedy Mahadi, S.I.K, M.A.P, dalam rakor tersebut menyampaikan bahwa kegiatan rapat kali ini dalam rangka menindaklanjuti hasil rapat koordinasi dalam rangka penanganan PETI yang mana hal tersebut merupakan atensi dari pimpinan untuk dapat segera ditangani.

“Agar seluruh unsur dapat turut melakukan tindakan berupa tindakan edukatif, preemtif dengan mengedepankan peran Kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas maupun unsur kepemimpinan lain ditingkat paling bawah dan puncaknya yaitu penindakan secara hukum,” ujar AKBP Wedy Mahadi.

“Harapanya setelah rakor ini kita dapat lebih memaksimalkan hasilnya dengan kegiatan-kegiatan yang sudah dibahas dan direncanakan, sehingga dapat menuntaskan permasalahan PETI di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu,” ungkap Kapolres Kapuas Hulu.

Pada kesempatan yang sama, Sekda Kabupaten Kapuas Hulu Drs. H. Mohd. Zaini, M.M menyampaikan bahwa permasalahan PETI tersebut merupakan tanggung jawab dari semua stage holder dan semua unsur pemerintah.

Sementara itu, Dandim 1206 Putussibau Letkol Inf. Jemi Oktis Oil, S.IP, menyampaikan bahwa Kodim 1206 Putussibau akan turut mendukung terkait penanganan Peti di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

“Sejauh ini Polri selalu menjadi bola panas permasalahan Peti maka diharapkan kedepannya semua unsur dan stageholder terkait dapat mengambil peran untuk penanganan Peti tersebut,” ujar Letkol Inf. Jemi Oktis Oil.

Selanjutnya, Dandim menyampaikan agar pemerintah Daerah segera memberikan kejelasan kepada masyarakat terkait permasalahan PETI di Kabupaten Kapuas Hulu, karena beberapa kelompok masyarakat juga tidak memiliki pilihan lain selain PETI untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Kegiatan Rakor Linsek yang dimulai pukul 10.00 wib selesai dilaksanakan pada pukul 12.30 wib.

Penulis : simpuang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here