Beranda Berita Terkini Palang pintu dan silat Melayu salah satu adat istiadat budaya Melayu yang...

Palang pintu dan silat Melayu salah satu adat istiadat budaya Melayu yang harus di lestarikan

736
0

Sintang | Rajawalinewstv.com– 25 – Mei – 2021 . Palang pintu merupakan adat budaya melayu yang mesti kita jaga dan terus kita lestarikan agar selalu hidup di masyarakat.

Palang pintu merupakan adat budaya melayu yang biasa digunakan masyarakat pada saat acara pernikahan yang di mana pada acara tersebut mempertemukan 2 jawara silat dan 2 pemantun serta rombongan pemain musik tradisional lainnya.

Masing-masing dari pengantin laki – laki dan perempuan memiliki satu jawara silat dan 1 pemantun yang di mana kedua nya ini akan di adu apabila sang jawara silat dari pengantin laki – laki menang maka pengantin laki – laki di persilahkan masuk namun apabila sebaliknya maka pengantin laki – laki di larang untuk masuk.

Biasanya pengantin laki-laki akan memotong tebu untuk masuk dan melanjutkan proses pernikahan setelah menang Nya jawara silat dari kubu laki laki.

Untuk di kabupaten Sintang salah satu palang pintu yang sering eksis di masyarakat adalah divisi seni budaya melayu milik persatuan orang Melayu kabupaten Sintang.

Yang di asuh oleh bung Sapri dan petinggi divisi budaya melayu lainnya yang di mana palang pintu ini sudah sering tampil di kabupaten Sintang bahkan sampai keluar daerah – daerah Sintang dan mendapatkan piagam penghargaan silat Melayu dari KOREM 121/ABW Sintang pada acara HUT RI Ke 75 tahun.

Maka dari itu team divisi budaya melayu POM Sintang mengajak seluruh anak muda untuk bergabung sama – sama melestarikan budaya ini agar terus hidup di masyarakat kita.

Dan harapan kami palang pintu serta silat Melayu juga di gunakan pada saat acara – acara pemerintah karena palang pintu dan silat Melayu merupakan budaya asli masyarakat Melayu khususnya di kabupaten Sintang Kalimantan barat.

Penulis jumadianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here