Beranda Berita Terkini POKJA KONGRES ALIANSI SASAK LOMBOK SILATURRAHMI KE MAJLIS ADAT SASAK ( MAS...

POKJA KONGRES ALIANSI SASAK LOMBOK SILATURRAHMI KE MAJLIS ADAT SASAK ( MAS )

196
0

POKJA KONGRES ALIANSI SASAK LOMBOK SILATURRAHMI KE MAJLIS ADAT SASAK ( MAS )


Mataram NTB, 23-7-2021
Panitia Pra Kongres ASLI (Aliansi Sasak Lombok Indonesia) yang diwakili oleh Lalu Mas’ud Kholah ST.MT Ketua Pokja 3 Wakil Ketua Kerukunan Keluarga Sasak Lombok Sulawesi Selatan (KKSL Sul-Sel) bersama Haji Misran SE Ketua Kerukunan Sasak Bumi Gora (KKSBG) Mamuju Utara Sulawesi Barat melakukan silaturrahmi ke Majelis Adat Sasak (MAS) di Lombok (22-7-2021)

Kedatangan kedua perwakilan itu diterima dan disambut hangat oleh pengurus lembaga MAS dengan penuh rasa kekeluargaan sebagaimana tradisi adat sasak Lombok.
Dalam acara silaturahmi itu dihadiri oleh para tetua dan sesepuh Majlis Adat Sasak diantaranya.
1. Drs. HL. Agus Fathurrahman (Wakil Pemucuk Bidang Kebudayaan MAS, Pembina Yayasan Rontal )
2. Dr. Lalu Bayu Windia, M.Si ,( Ketua Badan Pelaksana MAS )
3. Ir.H.LL Anas Amrullah ( Divisi Ekonomi BP MAS, CEO BESIRU INSTITUTE )
4. Dr. L. Ari Irawan (Sekretaris MAS, Direktur Rontal )
5. Muhammad Awaludin SH, MH/ ( Dosen Ilmu Falak, UIN Mataram ), Penulis buku ” Astronomi Tradisi”membaca kalender rowot Sasak.

Silaturrahmi yang berlangsung di Studio BESIRU Institute di jln.A.Yani ini bertujuan untuk konsolidasi,sosialisasi dan membangun komunikasi dengan Majelis Adat Sasak (MAS) di Lombok atas terbentuknya Aliansi Sasak Lombok Indonesia (ASLI) beberapa minggu lalu guna mempersiapkan Kongres yang pertama.
,” Kami mohon ijin dan petunjuk serta arahan dari orang tua kami di sini untuk merestui kongres ASLI yang akan diadakan sebagai bentuk tindak lanjut dari hasil pra kongres sebelumnya ,” ungkap lalu Mas’ud.

Disampaikan bahwa terbentuknya ASLI sebagai salah satu wadah untuk mempersatukan Putra Putri Suku Sasak yang ada di luar daerah Pulau Lombok atau Luar Negeri (Rantauan) guna menyatukan visi dan misi agar kekayaan budaya suku Sasak tetap lestari dan memperkokoh jati diri sebagai anak Suku Sasak.

,” Kami bangga menjadi anak Suku Sasak, tapi jujur kami katakan banyak putra putri suku Sasak di rantauan yang tidak bisa berbahasa Sasak, baik bahasa sehari-hari atau bahasa Sasak asli dan kami berharap agar MAS bisa membantu kelangsungan kelembagaan ASLI ini ,” Harap Lalu Mas’ud.

Lalu Mas’ud Kholah juga menyampaikan permohonan maaf kepada Ketua Badan Pelaksana MAS dan para petinggi MAS yang lain bahwa seharusnya Silaturrahmi ini dipimpin oleh Penanggung Jawab Kongres ASLI yakni Bapak Mahrip, S.Pd yang juga Ketua Kerukunan Sasak Lombok Sulsel (KKSL), namun karena kendala wabah Covid 19 sehingga beliau mewakilkan kepada kami yang kebetulan sementara berada di lombok ,” ujar Lalu Masud

Lanjut Lalu Mas’ud meminta kepada MAS untuk memberikan masukan dalam penyusunan AD/ART ASLI agar kedepannya menjadi salah satu organisasi yang dapat mengayomi dan memberi perlindungan terhadap warga Sasak Lombok baik di dalam negeri maupun luar negeri dan menjadi salah satu organisasi yang sangat diperhitungkan oleh Pemerintah.

Ketua Badan Pelaksana MAS Drs. Lalu Bayu Windya, mengapresiasi niat baik dan usaha dalam mempersatukan warga sasak lombok diaspora dalam sebuah wadah yang terorganisir secara nasional, beliau juga menyampaikan permohona maaf dari Pemban Gumi Sasak Drs. H. LALU AZHAR yang tidak bisa hadir berhubung dalam kondisi kurang sehat sehingga tidak bisa ikut dalam silaturrahmi ini,beliau hanya menyampaikan salam kepada seluruh warga sasak lombok di manapun berada, semoga warga sasak lombok bisa menjadi pribadi-pribad yang bisa menjadi contoh, menjunjung tinggi adat istiadat dan tata krama sasak lombok yang luhur, pesan Pemban Gumi Sasak Drs. H. Lalu Azhar, yang diwakili oleh Lalu Bayu.

Pada kesempatan itu Ketua Badan pelaksana MAS ( Malis Adat Sasak ) mengharapkan agar ke depan lembaga yang dibentuk tidak mati suri hanya tinggal nama, akan tetapi diharapkan menjadi suatu Lembaga yang betul-betul solid dan kuat baik ditingkat daerah ataupun Nasional.
,” kami merasa bersyukur dan mengharapkan bahwa organisasi ini tidak hanya sekedar sebagai organisasi kangen-kangenan karena lama gak ketemu akan tetapi sebagi alat perjuangan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here