Beranda Berita Terkini Menanggapi komentar oknum LSM mengungkapkan pemberitaan bohong , Aliansi penggerak Anti Korupsi...

Menanggapi komentar oknum LSM mengungkapkan pemberitaan bohong , Aliansi penggerak Anti Korupsi dan jajaran Redaksi langsung ambil sikap.

119
0

Menanggapi komentar oknum LSM mengungkapkan pemberitaan bohong , Aliansi penggerak Anti Korupsi dan jajaran Redaksi langsung ambil sikap.

Rajawalinewstv  – Pasuruan // Menanggapi Komentar Oknum yang mengatasnamakan LSM di media Online pada 30 Maret 2023 lalu, beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat dan Forum Independen membuat suatu komitmen untuk Menggiring Kepala desa Kronto, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan ke Proses Hukum.

“Kami gabungan LSM, Bakornas,LP KPK Tipikor, Projo, Indonesia Corruption Eradicate ( ICE) dan Forum Advocaten Jurnalis serta organisasi yang lain nya akan menggiring Dugaan Korupsi Desa Kronto, ” kata Eko Budi Oetomo, SH.MH

Selanjutnya, Ketua Umum Forum Advocaten Jurnalis tersebut juga mempertanyakan, oknum yang mengatasnamakan LSM itu apakah paham tugas Dan fungsinya LSM.

“Mereka (oknum LSM) faham gak tugas dan fungsinya. coba jelaskan AD ART nya kami ingin tau . Jurnalis Menulis berita itu berdasarkan Konfirmasi di lapangan langsung. Pimpinan Redaksi (Pimred) Bertemu dengan Arifin (Bojes) selaku Kepala Desa,” Eko Budi Oetomo.SH.MH. menambahkan.

“Dari hasil Konfirmasi Aripin (Bojes ) Selalu Mengalihkan Pembicaraan dan Berusaha mengelak, sembari Memberikan Durian Tidak henti hentinya saat itu di balai desa kronto bersama perangkatnya.

Anggaran 2020 Sesuai Pagu Rp. 1.393.794.000,” bebernya

Realisasi yang tidak masuk akal. Masih Eko Budi, melanjutkan.
“Tahap. 1 . Makanan tambahan ibu hamil. Rp. 33.750.000
Tahap 3 . Makanan tambahan ibu hamil Rp. 66.450.000
Total anggaran 1 Tahun Untuk posyandu makanan tambahan Mencapai Rp. 100.200.000 . Jelaskan dan rincikan penggunaan nya ,” jelas Eko

Selanjutnya,
“BIDANG OPRASIONAL PAUD, TK, TPQ, Non Formal Milik Desa :
Tahap. 1. Rp. 47.400.000
Tahap 3 . RP. 42.875.000
Tahap 3. Rp. 69.900.000
Tahap 3. Rp. 94.800.000
Total bidang Operasional PAUD /TK/ TPQ/ Madrasah Milik desa dalam 1 Tahun sebesar Rp. 254.975.000
Kemana anggaran tersebut.? untuk gaji honor TK dan Madrasah kah ? Sampai dua ratus juta lebih. Apa realisasinya ,” tanya nya

“BUM Des . Di tahun 2020 ada modal buat BUMDes sebesar.
Tahap.3. pembentukan awal Rp. 36.346.000
Tahap 3 persiapan Rp. 21.000.000
Tahap 3 modal awal Rp. 99.991.000
Dengan total BUMDes Rp. 157.337.000
Untuk apa modal BUMDes tersebut padahal jelas peran serta BUMDes kelak, ” paparnya

Eko Budi Oetomo dan Beberapa Pentolan Lembaga Independen Sangat menyayangkan adanya oknum LSM yang seharus nya tugas dan fungsinya jelas ,( Lembaga Swadaya Masyarakat).

Apa mereka Tidak paham.? Biar
Saya jelaskan , “Dalam Menjalankan Kiprahnya LSM dapat menjalankan fungsinya sebagai berikut. Yaitu: Sebagai wadah organisasi yang menampung, Memproses , Mengelola, dan Melaksanakan semua aspirasi masyarakat dan bidang pembangunan terutama pada bagian yang sering tidak di perhatikan Pemerintah daerah maupun pusat.
Pahami, dalam hal itu Jangan adanya informasi Publik mencari keuntungan sendiri ingat amanah bangsa kita ingat amanah rakyat,” jelas Eko Budi Oetomo .SH.MH.

Dalam hal ini kenapa Pihak Kecamatan Selaku Tim Monitoring tidak curiga Dengan LHP ( Laporan Hasil Pertanggung Jawaban ) desa Kronto. Lebih aneh lagi Inspektorat Kabupaten Pasuruan sebagai Pembinaan dan Setiap Tahun semua desa pasti di periksa akan tetapi kenapa tidak ada temuan.? Kenapa justru Jurnalis yang bisa menemukan Kejanggalan Ini.? Ini baru tahun 2020, Masih ada tahun 2021, Dan tahun 2022..
Berita akan terus bersambung. ( Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here